Bagaimana Buat Motor di Masa Lalu??


Perkembangan industri permotoran sekarang kita ketahui semakin maju saja, motor-motor dengan tenologi yang canggih terus menerus terlahir. Pabrik-pabrik motor sekarang ini mempunyi skala yang besar yang sanggup memproduksi ribuan motor dalam satu hari saja. Wah...welok tenan pakdhe...Bahkan Dengan mesin canggih dan besar, satu kendaraan bisa diproduksi hanya dalam waktu kurang dari satu menit. 

Bisa di bayangkan berapa cepatnya...dari semua itu, pernahkah kita bayangkan gimana membuat motor di masa lalu yang nota bene teknologi industri belum majau seperti sekarang? Nah kita disini flashback kebelakangsebelum ada mesin-mesin itu, bagaimana kendaraan dibuat? Apakah hanya dengan tangan? Bagaimana caranya?

Kita lihat salah satu proses pembuatan sepeda motor bermerek Rover Imperial, yang berasal dari Inggris, pada awal 1900-an. Disitu diperlihatkan bahwa seluruh pekerjaan hampir dilakukan secara manual, hanya beberapa bagian yang dibantu mesin, itupun tidak signifikan. Wah jan opo rak sulit itu pakdhe...berarti keterampilan dari seorang mekanik jaman dulu sangatlah mempuni.

Pembuatan mesin dengan cara cor, kemudian setelah itu seluruh bagian dipasang di tempatnya. Pengencangan juga dilakukan secara manual. Cara yang sederhana ini nampaknya membuat ukuran mesin berbeda satu sama lain. 

Selanjutnya adalah Tahap uji jalan, di sini prosesnya mirip dengan uji jalan di masa sekarang. Ada uji jalan di tanjakan, hingga di kubangan air. Wah ini memang jaman dulu juga sudah ada prosedur-prosedur untuk menjaga standar dan kualitas ya....mantap

0 Response to "Bagaimana Buat Motor di Masa Lalu??"

Post a Comment