Ferrari resmi memperkenalkan 488 Challenge




Kabar datang dari pabrikan kuda jingkrak Ferrari. Pabrikan asal itaia yang terkenal dengan produk mobil bernuansa sport tulen ini baru saja mengeluarkan mobil baru mereka. Ferrari resmi memperkenalkan 488 Challenge di ajang Ferrari World Finals 2016 di Daytona, Amerika Serikat. Seri Challenge pertama dengan Ferrari bermesin turbo. Mobil ini merupakan versi balap dari Ferrari 488 GTB yang telah menggunakan mesin dengan turbocharger. Mesin V8 3,9-liter turbocharger yang menghasilkan output 661 hp dan torsi 760 Nm. 

Dikutip dari oto.com bahwa mobil ini yang menjadi prioritas adalah Pengurangan bobot. Tidak hanya dari sektor mesin dan transmisi. Bodi dan penggunaan material merupakan bagian penting untuk reduksi bobot. Aura balap sangat kental dari “tongkrongan” yang sangat ceper plus sayap spoiler ekstra-besar di belakang. Tanpa mempedulikan sayap besarnya, profil 488 Challenge tampak mirip Ferrari 488 GTE yang memenangi WWE dengan peningkatan aerodinamika sebesar 9 persen.

Pada bain aerodinamikamengalami perbaikan di beberapa sektor yaitu bemper depan dan radiator yang dipindahkan ke belakang untuk mengurangi hambatan udara. Posisi air intake pun juga sengaja diubah menjadi di bawah spoiler belakang. Perubahan itu dimaksudkan untuk pendinginan yang lebih baik di mesin dan rem belakang. Sistem Side Slip Control seperti terdapat di 488 GTB standar tetap dipertahankan untuk versi Challenge. Cara ini sangat efektif untuk mengatur seluruh tenaga, sehingga dianggap penting untuk penggunaan di aspal sirkuit. Sementara sistem E-diff dikalibrasi ulang untuk kebutuhan balap di sirkuit.

Tombol Manettino tetap dipertahankan perannya untuk menyajikan karakter berkendara paling tepat. Bukan hanya satu, melainkan tiga manettino. Satu manettino diperuntukkan hanya untuk pengereman. Sedang dua lainnya mengoperasikan kedua sisi roda kemudi, mengatur kontrol traksi dan diferensial elektronik. Kedua manettino berfungsi mengatur dua fase dari kontrol traksi, yang berarti keduanya bekerja secara mandiri dalam menentukan kapan dan bagaimana aktivasi intervensi terjadi. Semua itu dilakukan untuk menyesuaikan dengan karakteristik mesin turbo dari 488 GTB standar ke 488versi balap. Hasilnya bisa dibilang sangat memuaskan. Mengitari sirkuit Fiorano, 488 GTB mampu unggul satu detik dari pendahulunya 458 Challenge EVO. Dengan catatan waktu 1:15,5 berarti lebih cepat empat detik dibandingkan hypercar LaFerrari dan hanya kalah setengah detik dari Ferrari 599XX Evoluzione.

0 Response to "Ferrari resmi memperkenalkan 488 Challenge"

Post a Comment