Spesifikasi Motor Gesits

Seperti kabar yang sudah beredar selama ini, bahwa Garasindo dan ITS telah berkomitmen untuk memproduksi masal motor listrik buatan lokal yaitu GESITS. Motor ini memang mencari pasar untuk persaingan dimasa depan dimana motor listrik diramalkan akan menggantikan motor jenis bahan bakar fosil. Memang kalau saya nilai awal dari ide itu memang sangat bagus, la wong misal ikut-ikutan produksi jenis motor yang sudah beredar dipasaran saat ini (motor bensin) tentu sangat sulit bersaing. Namun jika menggunakan motor listrik maka saat ini mungkin belum bisa meledak dipasaran, namun dimasa depan pasti sudah menjadi brand yang melekat kuat dimasyarakat. 

Kabarnya skuter listrik tersebut akan diproduksi pada tahun 2018, kemungkinan besar Motor Listrik Gesits akan diluncurkan secara resmi di pasaran pada awal tahun 2019.  seperti yang kita kabar yang berhembus bahwa motor ini mempunyai msesin bertenaga listrik dengan daya motor sebesar 5 KW yang dapat melaju sejauh 80-100 Km sekali charge, sehingga cukup efisien .  Motor Listrik Gesits ini juga akan dibekali baterai jenis Lithium Ion yang memiliki daya kapasitas hingga 5.000 WH dengan waktu pengisian antara 3 sampai 4 jam. Baterai tersebut kemungkinan besar akan diimpor langsung dari Jepang. Komponen lainnya akan mengandalkan hasil riset dan pengembangan yang dilakukan oleh pihak ITS.  Performa Motor Listrik Gesits inipun juga diklaim tak kalah dengan motor matic bermesin 125 cc sehingga mampu berakselerasi dengan kecepatan 100 Km/jam. 

Spesifikasi Gesits:


Skuter Listrik Lokal dengan Gaya Desain Sporty

Yang pertama kita bisa lihat dari desaianya, GESITS mempunyai  Body yang sporty yang mengedepankan stabilitas dan aerodinamis. Dimulai dari bagian depan Motor Listrik Gesits ini, tampak jelas desain meruncing dengan Head Lamp sipit yang dibawahnya disematkan Day Running Light (DRL) yang terpasang manis di bagian sisi kiri dan kanan. Lampu tersebut terpasang di bodi depan yang memiliki fungsi sebagai lampu utama dan sekaligus lampu sein. Spesifikasi Motor Listrik Gesits pad sektor eksterior tersebut, sepertinya skuter listrik lokal memang mengusung desain yang sporty dan tak kalah dengan desain skuter matic impor pasaran pabrikan teratas lainnya.

Panel Indikator Andalkan Teknologi Smartphone Berbasis Android

Menurut Kepala Laboratorium Sistem Otomatis Industri ITS, motor listrik yang digarap oleh 20 anggota tim ITS tersebut akan mengandalkan speedometer indikator yang terkoneksi dengan smartphone berbasis sistem operasi Android. Hal tersebut, tentunya spesial karena merupakan sebuah inovasi yang bisa menjadi nilai tambah dari Motor Listrik Gesits ini. Dengan demikian, pengguna pun nantinya bisa menginstal software speedometer yang terkoneksi pada smartphone. Sehingga, pengguna bisa terus memantau status skuter listrik lokal ini. Panel indikator itu dibentuk oleh Monitor System yang dibekali oleh prosesor sebesar 1 GHz. Motor Listrik Gesits ini akan tampil pada smartphone dengan tampilan digital yang modern dan informatif di mana pada indikator tersebut akan menunjukkan informasi mengenai kecepatan, kapasitas baterai, dan rpm. 

Dimensi Kokoh Mengusung Sasis Tubular

Motor Listrik Gesits ini sendiri akan dibekali dengan rangka yang kokoh, yaitu mengusung sasis Tubular yang mampu mengangkut kapasitas hingga 150 Kg. Selain itu, rangka Tubular Motor Listrik Gesits tersebut membentuk dimensi dengan ukuran panjang 1.910 mm, lebar 695 mm, dan tingginya 1.110 mm dengan bobot 120 Kg. Motor Listrik Gesits tidak memiliki tangki bahan bakar tetapi memiliki sebuah tempat pada bagasinya yang digunakan untuk menaruh baterai yang didesain removable. Sehingga, akan mempermudah penggunanya untuk mengganti baterai selama perjalanan. Konstruksi rangka pada spesifikasi Motor Listrik Gesits tersebut memang merupakan hasil penelitian dari ITS sehingga dijamin TOP.


Dilengkapi Suspensi Kokoh

Motor Listrik Gesits bakal dibekali fitur suspensi yang kokoh. Untuk suspensi depan akan mengandalkan tipe suspensi Telescopic Shock. Sementara itu, untuk bagian belakang Motor Listrik Gesits akan menggunakan suspensi tipe Swing Arm with Mono Shock. Motor Listrik Gesits ini akan memiliki tingkat kestabilan yang tinggi meskipun dikendarai di jalanan yang kurang rata atau penuh bergeronjal. Namun, untuk mengontrol laju kendaraan, hingga saat ini masih belum diketahui teknologi pengereman apa yang akan diusung. Kemungkinan besar, akan menggunakan sistem pengereman tromol. 

0 Response to "Spesifikasi Motor Gesits"

Post a Comment